Kucing Somali | Kucing Aktif dan Cantik

Mengenal kucing somali. Sebenarnya jenis kucing ini berasal dari mana? Dari namanya kita tentu sudah dapat menebak dari mana asal kucing itu berada. Nama Somali diambil dari nama Somalia yang merupakan negara asalnya.

Awal dari kisah ras somali adalah pada sekitar tahun 1920 hingga 1930-an, ras kucing ini pertama kali mengikuti program pembiakan. Namun, ras ini dianggap gagal dan tidak ada peternak kucing satupun yang bersedia untuk mengakui sebagai ras Abyssinian. Akibat dari hal tersebut, keberadaan ras kucing somali ini disembunyikan.

Beberapa orang percaya bahwa jenis kucing ini merupakan hasil dari mutasi genetik alamiah kucing Abissinian. Pasca terjadinya perang dunia ke-2, bebeberapa tahun pada saat itu sangatlah sulit untuk mendapatkan kucing Abyssinian yang murni. Oleh karena itu para breeder akhirnya mengawinkan jenis kucing tersebut dengan kucing longhair.

Kemudian di tahun 1960-an, ada peternak kucing yang berasal dari negara Amerika Serikat yang telah melakukan program pembiakkan pada ras somali dan juga telah memisahkan ras ini dari ras Abyssinian. Pada tahun 1978, Kucing Somali untuk pertama kali akhinya mendapat pengakuan dari organisasi pendaftaran kucing sebagai ras tersendiri, dan dianggap juga sebagai sartu ras dengan sifat-sifat genetik yang stabil dan memiliki kelas tersendiri di dalam kontes kucing. Kabar menyenangkan pun hadir di tahun 1991, pendaftaran kucing dari Inggris bernama Great Britain Cat Association juga ternyata telah mengakui dan mengizinkan ras Somali untuk mengikuti kontes kucing.

Karakteristik dari Kucing Somali

kucing lucu
The Happy Cat Site

Somali merupakan jenis kucing yang berbadan sedang dan berotot dengan telinga lebar dan juga memiliki bulu ekor yang lebat menggembang seperti ekor rubah. Somali sendiri memiliki bulu sedang dengan pola warna ticked tabby, yang lebih seringnya disebut dengan agouti tabby (warna loreng hitam).

Ras Somali memiliki empat warna utama yang telah diakui di Amerika Serikat. Yang pertama adalah Ruddy (agouti tabby dengan memiliki warna loreng hitam). Kedua Red blue atau loreng abu-abu. Ketiga Fawn(dengan warna coklat kehijauan). Dan yang terakhir bewarna red dan di Eropa warna red lebih sering disebut sebagai “sorrel”. Dan ternyata di klub-klub kucing Eropa juga mulai mengembangkan berbagai warna silver atau bewarna perak.

Tidak hanya itu saja, jenis kucing ini terlihat berdiri dengan anggun, seolah-olah ia sedang berdiri dengan cara kaki berjinjit dan atletis. Tubuh anggunnya ditumpu oleh kakinya yang bertulang kecil namun juga kokoh. Untuk karakter sifatnya, kucing Somali merupakan kucing yang sangat aktif. Kucing ini suka sekali memanjat, bermain dan melompat dan keingintahuannya juga tinggi.

Ingin Memiliki Kucing Somali?

kucing peliharaan

Apakah Anda ingin memiliki kucing Somali? Jika iya, hal berikut ini perlu untuk Anda perhatikan sebelum memilikinya. Saat memiliki jenis kucing ini, yang perlu untuk diperhatikan adalah, Anda perlu untuk menyiapkan ruangan yang cukup luas supaya kucing mudah untuk bereksplorasi. Anda pun saat memelihara jenis kucing ini, tentunya sudah menyiapkan banyak mainan karena kucing Somali sangan suka sekali bermain. Jika Anda memilihara kucing ini, tentunya Anda tidaklah mudah marah ketika rumah tiba-tiba menjadi berantakan. Sebab jenis kucing ini memang mudah sekali tertarik dengan apa yang dilihatnya.

Kucing Somali merupakan jenis kucing yang asyik untuk dijadikan hewan peliharaan dan juga sebagai teman bermain karena keaktifan yang dimilikinya. Namun, bagi Anda yang memiliki benda-benda yang mudah pecah disekitar rumah, sebaiknya hal itu dihindarkan. Karena hal tersebut dapat melukainya jika tidak sengaja kucing menjatuhkannya.

 

 

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: