Manfaat Madu

Dari zaman Rasulullah SAW, madu seringkali dijadikan obat untuk mengobati berbagai penyakit. Cairan kental yang dihasilkan dari tawon madu ini bahkan masih menjadi pilihan banyak orang sebagai komponen herbal di antara herbal lainnya.

Selain mudah didapatkan, madu juga memiliki beragam varian sesuai manfaatnya. Meskipun begitu, rata-rata kandungan madu tetaplah sama, hanya saja proses pembuatan itu sendiri yang memengaruhi kualitasnya.

Di era yang serba modern ini, produksi madu juga didukung teknologi canggih dan diselaraskan sesuai manfaatnya bagi para pembeli.

Tahukah kamu? Tidak semua konsumen membeli madu itu untuk diminum lho! Banyak juga di luar sana pengonsumsi madu untuk dijadikan bahan perawatan wajah alami.

Tidak berbeda jauh dengan produk kecantikan lainnya, memiliki madu sama saja mulai menerapkan konsep hidup sehat.

Manfaat madu untuk kecantikan wajah

Salah satu buah kesadaran untuk memulai hidup sehat yakni memerhatikan kecantikan wajah. Sebab, permukaan kulit pada wajah tergolong sensitif dan sering terpapar kotoran, debu, serta bakteri sehingga harus rajin dibersihkan.

Belum kalau banyak masalah kulit yang datang menghampiri, rasanya tak boleh ditunda untuk dirawat. Nah, guna memberi treatment ekstra pada kulit, maka kamu bisa memanfaatkan madu.

Kandungan madu akan menuntaskan masalah wajah seperti:

1. Menghilangkan komedo

manfaat madu f&b jasmine

Komedo jadi salah satu masalah kulit yang paling sulit dibuang. Setiap harinya bahkan kulit memproduksi komedo karena dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Nah, untuk menghilangkannya, kamu bisa mencampur madu, putih telur, dan gliserin lalu oleskan pada wajah dan bersihkan.

2. Melembabkan kulit

Ajaibnya, madu mampu mengikat air sehingga permukaan kulit lebih lembab dan tidak kering. Caranya cukup mudah, yakni oleskan madu dan susu ke seluruh permukaan wajah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu angkat dan bersihkan.

3. Mengecilkan lubang pori-pori kulit

Pori-pori yang besar akan mengundang kotoran mudah masuk, sehingga bisa bikin jerawat bermunculan. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan madu yang dicampur dengan susu bubuk serta oatmeal.

Setelah itu diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

4. Mencegah datangnya jerawat

Bakteri penyebab jerawat memang harus dibasmi supaya tidak menimbulkan jerawat-jerawat lain. Nah, kalau ini sih kamu hanya perlu mengoleskan madu saja pada wajah.

Lalu diamkan selama 3 jam sampai madu benar-benar meresap pada kulit. Setelah itu baru deh dibilas pakai air hangat.

Manfaat madu untuk ibu hamil

manfaat madu campur air hanga

Sebagai ibu hamil, perawatan kulit dan menjaga kondisi tubuh tidak bisa dilewatkan tentunya. Daripada menggunakan bahan atau produk yang tidak jelas kandungan serta manfaatnya, para ibu hamil biasanya memilih madu sebagai obat herbal. Sebab, cairan bewarna coklat ini mampu:

1. Penambah tenaga

Kandungan vitamin C dalam madu mampu menambah stamina bagi ibu hamil dan menjaga kebersihan janin selama mengandung.

2. Memutihkan wajah secara aman

Cara memutihkan wajah menggunakan madu adalah dengan membuat ramuan madu dicampur dengan jeruk nipis, lalu oleskan pada wajah.

Biarkan madu menempel selama kurang lebih 20 menit, setelah itu basuh dengan air hangat.

3. Menjaga kesehatan janin

Bukan hanya ibu, sang calon buah hati juga harus diperhatikan agar selalu sehat. Nah, di sini madu bisa dicampur dengan air hangat lalu dikonsumsi setiap badan merasa lelah atau tanda-tanda sakit.

Saat membeli madu, usahakan pilih yang benar-benar asli. Sebab, madu palsu banyak beredar di pasaran. Nah, supaya kamu tidak terkecoh dan tertipu, maka bisa cek kode produksi, kode halal, dan kandungan di dalamnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: