Mengenal Lebih Dekat Sejarah Kucing Somali

Harga kucing Somali – sebelum kita mengetahui berapa kisaran harga jenis kucing ini, mari mengenal sejarahnya terlebih dahulu. Asala mula kucing ini ternyata masih diselimuti oleh banyak misteri. Beberapa orang percaya bahwa kucing ini dihasilkan dari hasil mutasi alamiah kucing Abyssinian. Ada beberapa yang mengatakan bahwa kucing Somali merupakan hasil cross-breeding yang dihasilkan di negara Inggris pada tahun 1940-an.

Pada tahun setelah perang dunia ke-2, saat itu sangat sulit untuk mendapatkan kucing ra Abyssinian murni. Karena itu lah yang membuat para breeder mengawinkannya dengan kucing longhair. Hal tersebut terpaksa dilakukan demi mempertahankan garis keturunan kucing. Ternyata perang terjadi tidak hanya berdampak pada manusia saja, namun juga pada hewan seperti kucing.

Kucing Abyssinian yang berbulu panjang pertama kali terlahir di negara Amerika Serikat pada tahun 1953. Kepanikan terjadi diantara cat fanciers, sebab standarisasi kucing Abyssinian tidak berbulu panjang. Para breeder pun segera menyingkirkan anak kucing yang telah dianggap sudah “tercemar” gen-nya dari kucing longhair. Seiring waktu berjalan, kucing Somali akhirnya mendapatkan penggemar diantara cat fanciers karena keindahan dari generasi baru ini. Tentunya hal itu membuat kucing Somali menjadi dikembangbiakkan dan bahkan beberapa breeder mulai fokus melakukan breeding kucing Abyssinian longhair.

Breeder berpengaruh yang pertama kalinya telah mengembangkan jenis ras ini adalah Evelyn Mague yang berasal dari New Jersey pada tahun 1969. Pada saat itu Mague mendapatkan seekor Abyssinian yang berbulu panjang lalu Mague yang sebelumnya adalah merupakan breeder kucing Abyssinian ini kemudian melakukan cross-beeding dan telah menghasilkan genetik kucing yang stabil. Sayangnya, para breeder Abyssinian masih juga meremehkan kucing ras baru sehingga kucing tersebut pun dikucilkan.

Mague pun akhirnya memberi nama kucing ras baru ini dengan nama Somali, yang berasal dari kata Somalia, yaitu sebuah daerah yang berbatasan di timur dan tenggara Abyssina yang sekarang telah menjadi Ethiopia. Hal ini dilakukan karena nama tersebut cocok secara genetik, dan kucing Somali memiliki kedekatan genetik dengan kucing Abyssinian. Animal Facts Blog.

Mague tidak menyerah untuk memperjuangkan kucing ras baru agar segera mendapatkan pengakuan. Pada tahun 1972, ia mendirikan Somali Cat Club of America yang anggotanya dari Amerika dan Kanada. Di tahun-tahun berikutnya tepatnya pada tahun 1975 CFA (cat fanciers’ Association) mengakui ras kucing Somali dan selanjutnya TICA (The International Ca Association) dan FIFE (Federation Internationale Feline) mengakui keberadaan kucing Somali.

Karakteristik dari Kucing Somali

gambar kucing

Jenis kucing somali sangat cantik dan memiliki bulu yang berwarna. Marking wajah yang mencolok, telinga lebar dan juga bulu ekornya yang tebal memberikan kesan mirip dengan ‘rubah kecil” yang menawan hati bagi siapa yang melihatnya. Kecuali dari bulunya yang panjang, karakter fisik ras kucing ini sangat mirip dengan kucing Abyssinian.

Bentuk kepala kucing ini agak bulat dengan telinga besar dan lebar. Matanya pun besar berbentuk almond berwarna tembaga atau hijau. Pada wajahnya terdapat garis-garis gelap pada pipi dan bagian alisnya. Tubuhnya berotot yang anggun dan atletis, pertengahan antara langsing seperti kucing siam dan gempal mirip kucing persia. Tubuhnya yang anggun ditumpu oleh tulang kaki kecil yang kokoh.

Bulunya kucing Somali merupakan medium longhair dan memiliki tekstur yang halus. Perbedaan mencolok lainnya adalah bulu lebar disekitar leher dan dadanya sehingga penampilan kucing somali lebih tebal. Bulu-bulu kucing somali juga tumbuh di sekitar telinga bagian dalam kucing. Pola warna bulu disebut dengan agouti atau ticked. Dimana terdapat lebih dari satu warna ditiap helai rambutnya. Kucing Somali terdapat empat warna utama, yaitu ruddy brown, re, blue dan fawn. Kabar baiknya beberapa asosiasi kucing membolehkan adanya warna lain termasuk chocolate, lila dan berbagai warna perak.

Harga Kucing Somali di Indonesia

kucing somali

Kabar terbaru yang didapatkan saat ini, kucing somali sebenarnya masih belum begitu banyak di negara Indonesia. Pada saat acara “Champ of The Champs” yang digelar di Bandung pada hari sabtu-minggu, 29-30 Agustus tahun 2015, ada artis Neni Wijaya yang mengikutkan kucing jenis Somali di acara tersebut. Saat ditanya berapa harga kucing yang ia beli, ternyata fantastis sekali. Harga kucing yang dibeli di Rusia tersebut memiliki harga 100 juta. Warna bulunya yang menawan coklat keemasan.

Bagi Anda yang ingin sekali memiliki kucing Somali, jangan khawatir, setelah di lansir dari berbagai sumber, harga kucing Somali saat ini sudah berkisar Rp. 5.000.000 – Rp. 10.000.000. Kucing Somali masih termasuk kucing termahal dan tentunya semua tergantung dari kondisi kucing.

Leave a Comment

%d bloggers like this: