Pengertian & Macam Macam Polusi – Udara / Air / Tanah

Polutan adalah zat-zat kimia, fisika, atau biologi yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan (pencemaran tanah, air, atau udara).  Pencemaran lingkungan, disebut juga dengan polusi, ialah peristiwa masuknya zat polutan ke dalam lingkungan yang memberi efek pada kerusakan lingkungan.

Penyebab polusi atau polutan dapat berasal karena gejala alam dan kegiatan manusia. Contoh polutan dari gejala alam yakni abu vulkanik dari letusan gunung api. Sementara, pencemaran lingkungan karena kegiatan manusia contohnya sampah rumah tangga yang setiap hari dibuang oleh manusia, termasuk kita.

Sifat polutan yang utama ialah memberikan kerugian bagi lingkungan hidup, dan dalam jangka panjang bahkan dapat mengancam keselamatan jiwa. Adapun Suatu zat dapat disebut sebagai polutan, bila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Jumlah zat pencemar melampaui batas normal.
  2. Zat tersebut berada pada tempat yang tidak sesuai.
  3. Zat tersebut berada saat waktu yang tidak tepat.

Macam-macam Polutan Yang Sering Lita Jumpai:

Polutan Udara

Umumnya, polutan udara berbentuk zat gas, seperti debu, asap, dan limbah gas. Pencemaran udara utamanya bersumber dari pembakaran bahan bakar fosil. Sehingga kandungan karbon monoksida(CO) yang ada di lapisan bumi (atmosfer) menjadi berlebih.

Aktivitas lain yang dapat menyebabkan pencemaran udara ialah pembakaran batu bara dan hasil pembakaran dari pabrik industri. Aktivitas-aktivitas tersebut menghasilkan gas buangan yang berbahaya bagi lingkungan, seperti karbon dioksida (CO2), nitrogen oksida (NO2), sulfur oksida (SO2), senyawa belerang dan masih banyak lagi lainnya.

Polutan udara juga dapat berasal dari penggunaan kulkas dan air conditioner (AC). Penggunaan kedua benda tersebut menghasilkan zat polutan berupa CFC (Kloroflourokarbon).

Polutan Air

Pencemaran air dapat ditandai dengan berubahnya warna air menjadi keruh hitam pekat, bau menjadi menyengat, dan rasa yang asam. Hal tersebut disebabkan karena adanya polutan air yang menjadikan air mengandung bahan kimia berbahaya bagi lingkungan.

Adapun jenis polutan air, antara lain limbah rumah tangga berupa air detergen, bahan organik sisa makanan, limbah pertanian berupa sampah pertanian dan sisa pestisida, dan senyawa kimia serta logam berat dari limbah pabrik industri. Sementara, terdapat polutan yang menyerang lingkungan air yang lebih luas yaitu tumpahan minyak bumi di laut lepas.

Polutan Tanah

Tanah merupakan tempat makhluk hidup tinggal, tanah yang baik menjadikan tumbuhan subur, dan tumbuhan yang subur dapat bermanfaat bagi hewan dan manusia.  Sehingga kondisi tanah berpengaruh besar bagi kehidupan.

Pencemaran tanah dapat mengurangi kualitas lingkungan hidup sehingga fungsinya menjadi tidak maksimal. Pencemaran tanah disebabkan karena zat polutan yang terkandung di dalam tanah, antara lain:

Limbah pertanian

Contoh nya bahan kimia sisa pestisida dan pupuk buatan yang mengadung bahan kimia berbahaya.

Limbah industri

Berupa logam berat seperti nikel (Ni), timbal (Pb), Aluminium (Al), merkuri (Hg), dan sebagainya. Yang dalam skala besar menyebabkan kerusakan jangka panjang.

Limbah rumah tangga

Contoh nya benda padat yang sulit diuraikan, seperti kaleng, karet, kaca, plastik, dan lain sebagainya.

Untuk itu kita harus selalu dapat ikut andil dalam menjaga bumi kita agar polutan dapat berkurang. Masa depan bumi akan menjadi lebih stabil dengan perawatan yang kita lakukan.meski hanya sedikit andil contoh membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari sungai dan lain sebagainya.

Tindakan lain yang dapat kita lakukan sangat banyak namun hati kita yang kurang bergerak untuk action (melakukan).

Leave a Comment

%d bloggers like this: