Rasakan Keseruan Dan Uniknya Berwisata Ke Saung Angklung Udjo

Bandung Jawa Barat mempunyai julukan Paris van Java. Julukan ini bukan tanpa arti. Kota Bandung mempunyai daya tarik tersendiri serta memiliki banyak lokasi wisata menarik. pastinya tidak kalah keren dibandingkan Paris di Eropa. Merasa bosan berwisata alam? cobalah berwisata ke lokasi yang unik, menghibur dan juga mendidik. Adakah lokasi wisata seperti ini? Bandung memiliki Saung Angklung Udjo, lokasi lengkap yang menghibur, unik dan terpenting mendidik. Obyek wisata tersebut juga jadi satu bukti bahwa Bandung bukan hanya menyajikan panorama indah saja. keragaman seni dan budaya-nya juga sangat kental. Sebelum kesana, kepoin dulu yuk keseruannya.

Sejarah singkat berdirinya

Pada tahun 1966 Ujdo Ngalagena atau yang lebih dikenal Mang Udjo bersama istrinya Uum Sumiati, mendirikan Sang Angklung ini. tujuan didirikannya tempat wisata di Bandung ini adalah melestarikan seni dan budaya tradisional Sunda. Udjo Ngalagena sendiri merupakan seniman angklung yang lahir pada 5 Maret 1929. Dia mengenal dan akrab dengan angklung sejak usia 4 tahun. tidak heran bila Mang Udjo sangat mencintai keseian angklung.

Selain angklung, mang Udjo juga mendalami seni bela diri sepErti pencak silat, gamelan, kecapi dan lagu-lagu daerah Indonesia dan Belanda. KarEna sebab inilah Saung Angklung Udjo ini tidak hanya menyajikan pertunjukan angklung. Beragam kesenian khas jawa Barat juga ditampilkan. Mang Udjo meninggal pada 3 Mei 2001. Dan saung ini tetap dikelola generasi penerus Mang Udjo.

Pertunjukan seru yang ada disana

Pertunjukan seni ditampilkan setiap hari dari jam 15.30 sampai 17.30. disamping pertunjukan angklung yang keren dan spektakuler, beberapa kesenian lain juga turut mengisi pertunjukan. Pementasan wayang golek ternyata dapat dinikmati disana. helaran merupakan permainan angklung bernada pentatonis yang biasa dimainkan untuk upacara tradisional khitan dan panen padi akan tampil mengisi acara.

Pertunjukan selanjutnya berupa tarian topeng, angklung orkestra yang mengiringi lagi berbahasa Inggris, lagu dangdut, lagu daerah dan lagu lain. penonton juga akan diberikan kesempatan bermain angklung dalam pertunjukan bermain bersama. Dengan bimbingan dan arahan instruktur, seluruh pengunjung dapat memainkan beberapa lagu dalam waktu singkat. Diakhir pertunjukan, anak-anak yang bergabung dalam Saung Angklung ini akan mengajak para penonton menari dan bernyanyi bersama menggunakan angklung.

Fasilitas yang diberikan

Lengkapnya fasilitas, pasti membuat kalian bersama rombongan atau keluarga betah berlama-lama disana. fasilitas di lokasi wisata favorit Bandung yang pertama adanya bale karesemen. Atau tempat berkumpul yang dipakai pertunjukan seni. Ingin bersantai sambil menikmati suasana khas Sunda, juga terdapat di buruan Sri Asih. Bukan sekedar menampilkan pertunjukan. Ingin belajar dan melihat cara pembuatan angklung langsung jadi keseruan tersendiri. Bila perut keroncongan, terdapat pula dapur Udjo yang menyajikan makanan khas Sunda. Sang angklung tersebut juga dilengkapi lahan parkir luas, toko souvenir dan toilet bersih.

Lokasi

Lokasi wisata Saung Angklung Udjo ini beralamat di Jalan Padasuka No. 118 tidak jauh dari pusat kota Bandung. Dari Jakarta menuju ke tol Pasteur lurus dan naik fly over melintasi Jln Surapati dan Jln Ph Hasan Mustapa. Nanti akan ada petunjuk menuju lokasi. Cukup mengikuti papan petunjuk jarak kurang lebih 200 meter kalian telah tiba dilokasi.

Saung Angklung Udjo memang memberikan pengalaman berbeda dalam berwisata. Disamping lokasinya yang strategis, berkunjung ke lokasi akan menambah pengetahuan kita mengenai seni dan budaya. Juga cara pembuatan alat musik angklung. Toko souvenir menyediakan banyak sekali ragam alat musik dan kebudayaan berbahan dasar bambu.

Leave a Comment

%d bloggers like this: